Selain kolak, 5 olahan pisang ini sering jadi takjil berbuka puasa

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Salah satu buah-buahan yang sangat baik untuk dikonsumsi di bulan puasa adalah buah pisang. Diketahui, buah pisang merupakan sumber energi dan mineral. Kandungan nutrisi dalam pisang juga mampu meredakan asam lambung dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Selain dimakan secara langsung, buah pisang juga disajikan dalam berbagai kreasi makanan lainnya. Tak heran, banyak sajian takjil dengan varian olahan pisang disukai banyak orang.

Satu diantara kreasi olahan pisang yang senantiasa hadir selama bulan puasa adalah kolak pisang. Akan tetapi, selain kolak pisang ada beberapa kreasi makanan olahan pisang lainnya yang sering dijadikan takjil saat berbuka puasa.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (17/5), Hoopsbyjudy sudah merangkum 5 olahan pisang yang sering dijadikan sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Ada favorit kamu nggak nih?

1. Es pisang ijo.

foto: resepkoki.id

Selain kolak pisang, makanan berbahan pisang lainnya yang kerap digemari banyak orang adalah es pisang ijo. Berbeda dengan kolak pisang yang disajikan dalam keadaan hangat, es pisang ijo merupakan olahan pisang yang disajikan dalam keadaan dingin dan segar. Kuliner khas Makassar ini terdiri dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung lembut berwarna hijau terang, ditambah bubur sumsum gurih, sirup coco pandan, susu kental manis dan tentunya es serut.

2. Nugget pisang.

foto: Instagram/@banananugget_mdn

Kuliner yang beberapa waktu belakangan ini ramai dibicarakan dan dicari banyak orang ini merupakan modifikasi dari pisang goreng tradisional. Nugget pisang memiliki tekstur renyah dan garing di luar namun lembut di dalam. Biasanya kerenyahan pada kuliner ini berasal dari balutan tepung roti yang menyelimuti pisang di dalamnya. Nugget pisang juga semakin lezat dengan tambahan toping seperti matcha, keju, cokelat, dan masih banyak lagi.

3. Pisang epe.

foto: cookpad.com

Selain es pisang ijo, masih ada satu kuliner dari Makassar yang berbahan dasar pisang, yaitu pisang epe. Makanan sederhana ini akan memanjakan lidahmu saat berbuka puasa. Pisang epe sendiri berupa pisang matang yang digepengkan, lalu dibakar sampai mengeluarkan aroma harum. Kemudian pisang diguyur dengan cairan gula merah.

4. Puding pisang.

foto: hennyfaridah.name

Puding pisang bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menikmati sensasi dingin dan lembutnya pisang. Tekstur creamy perpaduan agar-agar yang kenyal dan lembutnya pisang yang sudah dihaluskan sebelumnya dijamin bakal bikin lidahmu bergoyang seketika.

5. Pisang aroma.

foto: Instagram/@fridajoincoffee

Salah satu gorengan berbahan dasar pisang ini juga sering dijumpai ketika bulan puasa datang. Pisang aroma memadukan dua tekstur sekaligus dalam satu gigitan, crunchy di luar dan lembut di dalam. Apalagi saat ini pisang aroma tidak hanya disajikan dengan isian gula pasir saja, ada juga varian lainnya seperti isi cokelat, keju, selai stroberi yang bakal lumer di mulut ketika disantap.

RECOMMENDED