Selain kurma, ini 5 kesukaan Rasulullah yang sehat untuk berbuka

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Setelah lebih dari 12 jam tak makan dan tak minum, pasti semua orang sudah mempersiapkan beragam menu yang akan disantap untuk berbuka puasa. Dari berbagai macam es untuk melepas dahaga, hingga makanan berat nan lezat.

Banyaknya menu makanan yang tak sehat dikonsumsi saat berbuka tentu tak baik untuk kesehatan. Problematika diabetes dan kolesterol tinggi juga tak jarang dikeluhkan banyak orang. Oleh sebab itu, tak sedikit pula orang yang mencoba berbuka puasa dengan menu sehat seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan segelas air putih dan beberapa butir kurma.

Sejak lama, buah kurma sendiri dikenal baik untuk kesehatan. Salah satunya karena kurma buah yang mudah dicerna dan memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Seperti yang kita ketahui, kurma merupakan menu takjil kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Nah tak hanya kurma, beberapa menu kesukaan Rasulullah ini juga tak kalah lezat dan sehat disantap saat berbuka puasa. Bahkan tak sedikit yang bermanfaat untuk memberikan energi setelah seharian berpuasa. Buah apa ya kira-kira?

Berikut Hoopsbyjudy lansir dari berbagai sumber buah favorit nabi yang sehat dimakan saat berbuka, Kamis (24/5).

1. Anggur.

foto: ahlinyapenyakitmata.web.id

Meski buahnya kecil, rupanya anggur memiliki banyak manfaat bagi tubuh terlebih untuk orang yang berpuasa. Kandungan vitamin C dalam buah anggur dapat meningkatan daya tahan tubuh. Rasanya yang manis juga membantu menggantikan gula yang cairan yang hilang selama berpuasa.

Potasium dalam anggur mampu mencegah parahnya tekanan darah tinggi. Anggur juga dapat menjaga kesehatan otak, penuaan diri, dan mencegah kanker.

 

2. Madu.

foto: bprofitfutures.com

Madu memang sangat sehat bagi tubuh. Rasanya yang enak dan tak terlalu manis juga sering digunakan sebagai pengganti gula. Mengonsumsi madu setelah berbuka puasa sendiri dapat menjaga kadar gula darah. Selain itu madu juga bermanfaat menghindari sembelit dan diare akibat makanan yang dikonsumsi. Manfaat lain madu dapat mencegah kanker serta penyakit jantung.

 

3. Susu.

foto: healthspectra.com

Tak hanya berbuka, saat sahur pun tak sedikit orang mengonsumsi segelas susu. Kandungan vitamin dalam susu dapat membantu menjaga kebugaran tubuh seharian. Kandungan dalam segelas susu sendiri mengandung protein, kalsium yang sangat sehat bagi kesehatan.

 

4. Semangka.

foto: hellosehat.com

Buah yang memiliki ukuran cukup besar ini memiliki kandungan air yang sangat baik. Selain itu semangat kaya vitamin dan antioksidan. Rasanya yang manis tentu saja disukai banyak orang sebagai menu pencuci mulut. Kandungan air dalam semangka dipercaya membantu mengembalikan cairan yang hilang seharian.

 

5. Delima.

foto: aladokter.com

Di balik bentuknya yang kecil, buah delima sangatlah memiliki manfaat yang besar, terutama untuk membersihkan perut dan lambung. Nabi Muhammad pun begitu suka memakan buah yang berwarna merah tersebut. Sama dengan buah lain pada umumnya, delima memiliki jumlah zat antioksidan dan kayak akan vitamin yang berfungsi memerangi radikal bebas.

RECOMMENDED