Selain Miss Marvel, ini 5 superhero muslim dari Marvel dan DC

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Sukses dengan deretan-deretan film superhero sebelumnya, Marvel kini tengah menyiapkan beberapa film yang akan tayang untuk phase 3 dan 4 hingga 2022 mendatang. Tak hanya merilis film tentang superhero laki-laki, tahun 2019 dan 2020 mendatang dua film tentang superhero perempuan juga akan dirilis.

Film tersebut adalah Captain Marvel yang dirilis pada 6 Maret 2019 dan film solo pertama Black Widow pada 2020 mendatang.

Tak hanya Captain Marvel dan Black Widow yang akan muncul dalam film solo mereka, Marvel Cinematic Universe (MCU) kini tengah mempersiapkan sebuah film yang akan memperkenalkan superhero muslim pertamanya.

Karakter superhero tersebut bernama Kamala Khan atau yang biasa disebut Miss Marvel. Karakter Miss Marvel pertama kali diciptakan oleh Sana Amanat, Stephen Wacker, G Willow Wilson dan Adrian Alphona.

foto: Kamala Khan a.k.a Miss Marvel

Kamala Khan merupakan seorang remaja berusia 16 tahun berdarah Pakistan-Amerika yang berasal dari New Jersey, Amerika Serikat. Miss Marvel memiliki kekuatan yang terletak pada tubuh fleksibel yang dapat bergerak sesuai keinginannya.

Rencana MCU untuk memperkenalkan superhero muslim pertama tersebut disambut hangat oleh pecinta superhero dunia, khususnya mereka beragama muslim.

Tapi tahukah kamu kalau Miss Marvel bukanlah satu-satunya superhero muslim? Ya, Marvel masih punya superhero muslim lainnya yang nggak kalah keren. Nggak mau kalah, DC Comics juga punya deretan superhero lainnya.

Penasaran kan, seperti apa penampakan para superhero muslim ini? Yuk, simak lima superhero muslim dari Marvel dan DC seperti yang sudah dirangkum Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Kamis (17/5).

1. Sooraya Qadir.

Sooraya Qadir adalah seorang mutan perempuan kelahiran Afghanistan. Sooraya bergabung dengan sekolah X-Men dan menetap di Xavier Institute for Higher Learning dan aktif sebagai anggota New X-Men. Kekuatan mutan yang ia miliki adalah mampu mengubah dirinya menjadi butiran pasir hingga menjadi badai pasir

2. Josiah al hajj Saddiq.

Superhero muslim lainnya karya Marvel adalah Josiah al hajj Saddiq yang mewarisi kemampuan keluarganya yang bisa beradaptasi dengan super soldier serum seperti Captain America. Ia juga bergabung dengan pasukan Amerika Serikat selama perang Vietnam.

Dalam versi komiknya, Josiah diceritakan sebagai seorang muslim yang sudah melaksanakan ibadah haji. Josiah juga menjabat sebagai menteri dan mendirikan masjid di Little Mogadishu, Brooklyn.

3. Faiza Hussain.  

Marvel masih menyimpan superhero muslim lainnya, dia adalah Faiza Hussain yang merupakan seorang dokter berdarah Inggris-Pakistan. Ia bekerja di ruang gawat darurat rumah sakit London selama invasi Skrull.

Akibat terkena laser dari mesin perang Skrull, Faiza memiliki kekuatan untuk membongkar pasang organ tubuh tanpa harus membunuh orang. Ia juga diwarisi Pedang Excalibur dan merupakan Captain Britain. Faiza merupakan superhero muslim kedua dari Marvel.

4. Simon Baz alias Green Lantern.

Simon Baz adalah orang imigran keturunan Lebanon-Amerika yang tinggal di Dearborn, Detroit. Keberaniannya dalam mencuri truk berisi bom yang dipasang oleh teroris menjadikannya terpilih sebagai Green Lantern yang baru, sekaligus jadi karakter asal Amerika keturunan Timur Tengah pertama yang menjadi anggota Green Lantern Corps.

Simon Baz pertama kali muncul dalam DC Comics pada 2012 lalu dan menjadi anggota Justice League of America pada 2013.

5. Bilal Asselah alias Nightrunner.

Bilal Asselah adalah seorang pria keturunan Prancis-Aljazair yang merupakan superhero muslim dengan nama Nightrunner karya dari DC Comics. Ia menjadi superhero setelah sahabatnya bernama Aarif tewas oleh polisi karena membakar sebuah pos polisi.

Mendengar kabar tersebut, Bilal bergabung dalam kelompok parkour untuk bisa membantu memperjuangkan kaumnya. Terinspirasi dari Batman, Bilal menggunakan lambang kelelawar dengan nama Nightrunner dan membuatnya dijuluki sebagai Batman-nya Paris.

 

 

(brl/gib)