Selalu berbahasa isyarat, begini suara Surya Sahetapy saat berbicara

Posted on



Hoopsbyhudy.com – Surya Sahetapy dikenal sebagai tunarungu yang berprestasi. Ya, Surya Sahetapy merupakan anak bungsu dari pasangan selebriti Ray Sahetapy dan Dewi Yull.

Pemilik nama lengkap Panji Surya Sahetapy ini divonis tak bisa mendengar sejak usia 2 tahun. Meski begitu, cowok berparas tampan ini bisa membuktikan kalau menjadi tunarungu bukan halangan untuk berprestasi.

Ia sempat menjadi perbincangan hangat lantaran berhasil menjadi wakil Indonesia di sejumlah kongres dunia. Selain itu, ia juga aktif di Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) dan turut mengampanyekan Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) untuk komunikasi tunarungu.

Kerap menggunakan bahasa isyarat dalam berbagai hal, rupanya cowok kelahiran 21 Desember 1993 ini kini bisa bicara. Ya, berkat mengikuti sejumlah terapi akhirnya Surya bisa bicara.

Banyak yang penasaran dan masih meragukan Surya yang bisa bicara apa tidak. Ia pun mengungkapkannya lewat chanel YouTube milik Surya sendiri dengan berbicara langsung yang diunggah pada Senin (21/5). Berikut video Surya yang berbicara langsung mengenai dirinya seperti Hoopsbyjudy kutip dari chanel YouTube Surya Sahetapy, Selasa (22/5).

Nyalakan CC dulu!

Mohon simak sampai selesai!

Judul ini diperuntukan teman-teman yang masih menyebut saya tunarungu. Bagaimanapun tidak semua teman-teman tidak bisa mendengar mau disebut sebagai tunarungu bahkan Tuli. Oleh karena itu, penggunaaan istilah sebagai identitas adalah orang-orang yang mengalaminya/merasakannya. Bagaimanapun, jika di antara kalian tersinggung dengan judul, isi cerita dan sebagainya, saya minta maaf tetapi mohon sadar bahwa ini adalah murni cerita pengalaman pribadi saya.

Tujuan video ini dibuat supaya teman-teman tidak perlu penasaran atau bahkan memuji saya bisa bicara karena di luar sana banyak variasi komunikasi sesuai masing-masing teman-teman Tuli. Selain itu, juga sebagai “reminder” untuk orang-orang yang suka membandingan satu sama lain tentang bagaimana dia bisa berbicara dengan jelas. Tolong jangan puji saya karena secara otomatis bahwa kalian tidak sadar bahwa kalian telah membuat saya dan mungkin beberapa teman-teman tertekan.
Bantu kami sosialisasikan kata Tuli agar kata Tuli merupakan kata yang positif dan bukan kata kasar!

Terima kasih atas pengertian kalian! Selamat mengenal dunia dan budaya Tuli!” tulis Surya dalam keterangan video yang diunggahnya itu.

Dalam video berjudul MANTAN TUNARUNGU BICARA, tampak Surya mengungkapkan kekesalannya betapa banyak orang yang penasaran dengan suaranya. Bahkan di mesin pencarian YouTube ada kata ‘Surya Sahetapy bicara’.

Dalam video tersebut, Surya memberikan peringatan. Jangan pernah memujinya kalau bisa bicara dengan jelas. Surya merasa tidak nyaman karena tak semua orang tuli bisa seperti dirinya.

Menurut Surya, mengekspresikan pikiran dan hati tidak harus pakai suara. Bisa pakai tulisan, isyarat, gestur dan sebagainya. Banyak yang mengira kalau orang tuli itu bisu, padahal salah.

Surya membuat video yang berbeda karena untuk memastikan agar orang-orang tidak penasaran lagi ke depannya. Ia juga mengungkapkan pengalaman hidupnya semasa menjadi tunarungu dan pengalaman menyiksa saat harus terapi bicara.

Berbagai pengalaman pun ia ceritakan dan meminta untuk terus menyebarkan videonya agar semua orang mengerti perjuangan orang-orang seperti dirinya. Tak sedikit komentar warganet pun turut membanjiri kolom komentar video Surya ini.

Senangnyaaa liat video ini.. semoga semakin menyadarkan teman-teman lain agar belajar bahasa isyarat ,” kata akun Finny Tania.

Saya coba tonton ulang Video ini dengan mematikan suara (Mute). Anda sangat luar biasa, Surya. Anda berusaha membuat teman dengar nyaman meskipun Anda jadi kurang nyaman dengan bahasa verbal. Saya memuji semangat dan niat baikmu Surya. Bereksprilah dengan cara yang nyaman ya 🙂” kata akun Maya Umayah.

Yap! Kak Surya lebih ekspresif dan nyaman pas sudah pakai bahasa isyarat! Semangat kak!” kata akun Gloria Manggalagita.

Saya baru tahu kalo Surya bisa bicara.. Karena setiap liat di tv, seringnya pakai bahasa isyarat. Karena secara tidak langsung, video ini membuat pertanyaan saya selama ini terpecahkan!!” kata akun Cara Erna.

(brl/fen)