Sering Bete Gara-gara Cepat Lapar? Bukan Berarti Kamu Rakus, Mungkin 8 Hal Ini Terjadi Pada Tubuhmu

Posted on

Cepat lapar.

Menjadi orang yang cepat lapar bikin kamu merasa serba salah. Mau diturutin takut berat badan naik melulu. Kalau laparnya ditahan-tahan, kamu justru merasa cemas dan nggak bisa konsentrasi saat beraktivitas. Belum lagi berbagai omongan orang lain yang bikin kamu makin gerah semacam, ihh kok makan terus sih.. Tuh, lama-lama kamu pasti bete juga ‘kan?

Hal ini lumrah terjadi kalau kamu sebelumnya banyak beraktivitas yang mengeluarkan tenaga kayak olahraga. Tapi beda ceritanya kalau rasa lapar yang muncul tanpa ada alasan yang jelas. Pasti ada sesuatu yang terjadi pada tubuhmu. Anehnya, banyak orang yang mengaku mengalami hal ini. Apa kamu juga termasuk golongan cepat lapar ini guys? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam ulasan Hipwee News & Feature berikut ini!

1. Metabolisme tubuh yang cepat bisa jadi penyebab kenapa kamu selalu kelaparan. Tapi kalau emang ini alasannya, tenang aja, biasanya kamu juga bakal gampag menurunkan berat badan

Ada orang yang memang terlahir dengan metabolisme tubuh yang lebih cepat daripada orang lain via www.rd.com

Metabolisme tubuh yang berjalan cepat merupakan salah satu alasan yang membuat kamu gampang sekali merasa lapar. Pada umumnya, metabolisme seperti ini disebabkan faktor genetik yang bikin kamu berusaha keras menurunkan berat badan. Dengan olahraga beberapa kali dan diet seadanya, berat badan bisa turun secara mudah. Nah semakin cepat metabolisme yang terjadi, maka energi yang dibutuhkan tentu bertambah banyak dan kamu jadi cepat lapar. Menurut penelitian dari University of Vermont yang dilansir dari Women’s Health, orang dengan metabolisme cepat bisa membakar kalori ekstra sebanyak 100 hingga 400 per hari. Karena energi selalu terpakai maka lapar pun akan lebih sering terasa.

BACA Juga :   Rumahmu Nggak Butuh AC Lagi, Kalau Sudah Ada 10 Tanaman Rambat yang Berbunga Terus Ini

2. Terlalu sering konsumsi makanan olahan bikin kadar gula dalam darah langsung naik dan cepat sekali turun. Makanya, kamu jadi cepat lapar

Kurangi makanan olahan via kenpdsnydecast.blogspot.co.id

“Gula memiliki efek yang kuat dalam memengaruhi kinerja otak. Ini merupakan penyebab utama kenapa nafsu makan bisa seseorang selalu tinggi sepanjang hari,” – ujar Pamela Peeke, M.D., M/P.H., senior science advisor di Elements Behavioral Health, seperti dikutip dari Women’s Health.

Jumlah makanan olahan yang mudah dibeli di mana-mana bikin kamu sulit katakan tidak untuk mengonsumsinya. Padahal, terlalu sering makan makanan olahan seperti mie instan, sosis, cookies, bahkan roti tawar mengakibatkan kadar gula dalam darah langsung naik dan cepat sekali turun. Hal itulah yang menyebabkan kamu cepat sekali lapar, bahkan lebih lapar dibanding saat sebelum makan. Dilansir dari Women’s Health, makanan berlemak dan mengandung gula tinggi akan memengaruhi senyama kimia dalam otak yang mengatur mood. Inilah yang membuat kamu ingin makan melulu.

BACA Juga :   8 Pesona Farah Labita, anak pertama Ferdi Hasan yang jarang terekspos

3. Lapar itu belum tentu harus makan. Siapa tahu karena kurang cairan

Bisa jadi kamu cuma butuh minum doang via unsplash.com

Kadang, lapar yang kamu rasakan adalah dehidrasi ringan. Jadi, belum tentu perut lapar harus diisi makanan. Menurut Alissa Rumsey, RD, selaku juru bicara untuk American Academy of Nutrition and Dietetics seperti dilansir dari CNN, kebingungan yang terjadi dalam tubuh karena kurang cairan ini membuat tubuh malah memunculkan rasa lapar. Hal ini terjadi di hipotalamus yaitu bagian dari otak yang mengatur nafsu makan dan haus. Untuk itu, kalau kamu lagi lapar, coba ingat-ingat lagi sudah banyak minum air atau belum? Jika belum, silahkan atasi lapar tersebut dengan konsumsi air mineral ya.

BACA Juga :   Kedapatan ciuman, ini 8 pose seksi gebetan baru putra David Beckham

4. Kurang tidur bisa jadi penyebab kamu gampang lapar. Makanya, jangan terlalu sering begadang ya

kurang tidur bikin lapar via unsplash.com

“Tidur terlalu sedikit mengakibatkan gelombang atas kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan, serta menurunkan kadar leptin, alias hormon yang menimbulkan rasa kenyang,” – kata Rumsey, seperti yang dilansir dari CNN.