Siapa sangka, si biru liar dari masa kecilmu ini bisa jadi olahan unik

Posted on

Brilio.net – Hayo ngaku, siapa yang suka memetik si biru ini dari semak-semak saat masih kecil? Ya, tanaman yang tumbuh liar di semak-semak dengan bunga warna biru ini pasti pernah menemani masa kecilmu.

Masih ingat betul, bunga biru yang ternyata bernama bunga telang ini sering jadi kamu jadikan bahan bermain. Bunga telang atau Clitoria ternatea merupakan tumbuhan merambat dari Asia yang dianggap liar.

foto: Istimewa

Nah, bunga telang ini punya berbagai manfaat lho. Di Malaysia dan Thailand, bunga telang sudah dijadikan sebagai bahan baku kuliner maupun tekstil.

Selain itu di Malaysia ada nasi kerabu, yakni nasi biru dari bunga telang. Sedangkan di Thailand, bunga ini digunakan sebagai bahan makanan.

BACA Juga :   Wisata Selfie di Bandung 'Rabbit Town' Diduga Jiplak Tempat di Luar Negeri. Netizen Pun Geram

Seperti biasa, brilio.net pun tak ingin ketinggalan dengan tanaman unik nan bermanfaat ini. Rabu (21/3) sore, kami pun berkesempatan untuk mengunjungi Martani.co, sebuah tempat untuk mengelola dan memanfaatan bunga telang.

foto: brilio.net

Kami mengunjungi Desa Tamanmartani, Kalasan, Yogyakarta untuk mencari tahu lebih jauh tentang pemanfaatan tanaman biru ini sebagai teh maupun olahan lainnya. Salah satu produk paling diunggulkan adalah teh biru telang.

Sampai di lokasi, ternyata kami sudah disambut oleh pengelola Martani.co, Rita Mustika Sari. Ibu rumah tangga ini lalu menceritakan awal ketertarikannya untuk membudidayakan bunga telang.

foto: brilio.net

“Awalnya saya jalan-jalan waktu itu ada acara ke Thailand, ada temen saya dosen di sana. Terus diundang makan, nah menunya ada salah satunya adalah nasi biru. Kemudian saya tanya-tanya ini apaan, trus saya cari tahu dan ternyata nama latinnya Clitoria ternatea. Saya baru ngeh pas lihat bunga aslinya. Terus saya bilang, bunga ini waktu saya kecil di Ciamis, saya pakai mainan. Sekitar tahun 2012, saya tahu kalau bunga itu edible flower, atau bisa dimakan,” tutur Rita.

BACA Juga :   10 Tanda Penuaan Dini Kulit yang Perlu Diwaspadai Sebelum Panggilan 'Kak' Berubah Menjadi 'Tante'

Saat Rita kembali ke Bogor, ia pun mulai mencari bunga telang hingga ke pinggir sawah. Ada beberapa jenis bunga telang, yakni warnanya ungu, putih dan pink.