Sontek 4 Resep Kue Kering Tanpa Telur yang Renyah Menggoda Ini. Lebih Rendah Kalori dan Aman Buat yang Alergi

Posted on


Featured Image

Menjelang hari Lebaran, nggak lengkap deh rasanya kalau nggak mulai mempersiapkan kue-kue kering pengisi toples sajian khas hari raya. Nggak afdal pokoknya kalau belum ada tanda-tanda kue kering di rumah kamu. Ya, selain untuk disajikan kepada para tamu, juga sekalian jadi cemilan seru saat kumpul sama keluarga.

Eh, kamu alergi telur?

Tenang, buat kamu yang alergi telur dan suka was-was saat hasrat ingin ngemil kue kering muncul, kamu bisa kok mengolah sendiri kue kering renyah nan nikmat  serta bebas telur. Selain lebih hemat, rendah kalori juga lebih higienis juga ‘kan? Yuk langsung aja siapkan bahan-bahannya dan simak baik-baik cara membuatnya!

1. Buat para penikmat keju, kue kering kastangel tanpa telur ini wajib banget kamu coba. Rasanya yang lezat dijamin bikin ketagihan!

Yummy! via www.merdeka.com

Sumber: Cookpad Dian’s kitchen

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gr margarin
  • 100 gr butter
  • 400 gr tepung terigu, ayak
  • 30 gr susu bubuk, ayak
  • 1 sdm tepung maizena, ayak
  • 200 gr keju cheddar parut, bisa campur dengan keju edam, lebih ngeju
  • Secukupnya keju cheddar parut  dan keju parmesan untuk taburan

Cara membuat:

  • Parut keju, lalu oven sebentar 5 menit. sisihkan. Ini bertujuan agar keju lebih renyah dan kokoh. Langkah ini boleh dilewatkan kalau ingin lebih praktis
  • Mixer margarin dan butter hingga pucat, kurang lebih 2 menit dan tidak boleh lebih
  • Aduk adonan menggunakan spatula, adonan mentega, ayakan tepung  dan susu bubuk hingga rata. Lalu masukkan parutan keju yang sebelumnya sudah dipanggang tadi
  • Cetak adonan dengan ukuran yang sama
  • Susun di atas loyang yang telah dioles mentega dan ditaburi tepung. Taburi kue dengan keju parmesan
  • Oven hingga matang  warna agak kuning agak kecoklatan. Mudah ‘kan?

2. Kue sagu keju tanpa telur, emang bisa? Ya bisa dong~ Rasanya dijamin nikmat dan super renyah, meleleh di mulut

Renyah dan ngeju abis~ via cookpad.com

Sumber: Cookpad Yuli

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 700 gr sagu yang sudah disangrai

  • 2 bungkus santan kara ukuran 65 ml

Cara membuat:

  • Kocok mentega dan gula bersama sama kurang lebih 10 menitan, lalu masukan santan
  • Tambahkan sagu, susu bubuk, vanili, dan emplex campur rata
  • Bentuk adonan sesuai selera dan panggang dengan suhu sekitar 170 derajat selama 20 menitan
  • Tiriskan dan tunggu dingin sebelum disimpan dalam toples.

3. Meski tanpa telur, sajian kue kering Chocohips Butter Cookies ini nggak kalah enak dengan sajian kue kering lainnya. Wajib coba!

Mudah lho buatnya. Kamu pasti bisa! via cookpad.com

Sumber: Kompas

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 100 gr margarin
  • 100 gr butter
  • 100 gr choco chips
  • 65 gr gula halus
  • 250 gr tepung terigu protein rendah
  • 20 gram tepung beras
  • Biji wijen putih untuk taburan

Cara membuat:

  • Kocok margarin, mentega, dan gula halus hingga mengembang. Masukkan tepung terigu protein rendah dan tepung beras, aduk sampai rata
  • Tambahkan choco chips, aduk rata
  • Ambil 1 sendok makan adonan, bentuk bulat pipih. Berikan wijen putih sebagai taburan. Tempatkan pada loyang yang sudah dioles margarin. Tekan sedikit dengan punggung sendok
  • Panggang dengan suhu 160 derajat selama 15-20 menit hingga matang kecokelatan. Angkat dan dinginkan, kemudian simpan dalam wadah kering dan kedap udara.

4. Nggak akan ada yang bisa menolak nikmatnya kue klasik semprit. Bikin tanpa telur pun rasanya tetap endeus lho!

Cocok buat santai sambil minum minuman favorit via www.pinterest.com

Sumber:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 175 gr butter
  • 75 gr gula bubuk
  • 1/2 sdt vanila ekstrak
  • 175 gr tepung terigu serba guna
  • 45 gr tepung maizena

Cara membuat:

  • Siapkan loyang datar untuk memanggang kue, alasi permukaannya dengan kertas baking. Sisihkan
  • Siapkan mangkuk mixer, masukkan mentega dan gula bubuk kemudian kocok dengan speed sedang hingga pucat dan mengembang. Masukkan vanila ekstrak dan proses hingga semua bahan tercampur baik. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena bersamaan dengan cara diayak ke dalam adonan mentega, kemudian aduk dengan spatula hingga tercampur baik
  • Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 30 menit agar mengeras dan membuat kue tidak terlalu melebar saat dipanggang
  • Panaskan oven, set disuhu 165’C (api atas bawah).
  • Siapkan plastik segitiga yang biasa digunakan untuk menyemprot adonan kue atau anda juga bisa menggunakan kantong plastik transparan biasa, beri spuit ukuran paling besar dengan bentuk bintang/kembang di ujungnya. Masukkan adonan kue ke dalam pastik, kemudian gunting ujung plastik dan dorong spuit keluar plastik
  • Semprotkan adonan ke atas permukaan kertas baking dalam bentuk melingkar mulai dari titik di tengah kemudian melingkar keluar mengelilingi bagian tengah sehingga adonan menyerupai kelopak mawar. Lakukan hingga adonan habis.
  • Panggang adonan selama 20 menit di oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Jika permukaan kue terlihat telah mengeras dan bagian dasarnya mulai kecoklatan segera keluarkan dari oven dan biarkan dingin di rak kawat. Walau permukaan kue masih kekuningan sebenarnya kue telah matang dan kala dingin akan renyah dan garing. Jangan memanggangnya berlebihan.
  • Jika kue telah dingin masukkan ke wadah tertutup rapat dan siap disantap. Lezat~

See, nggak sulit ‘kan ternyata membuat kue yang lezat, tanpa telur dan lebih rendah kalori? Bahannya pun nggak banyak, jadi pastinya lebih hemat. Semoga resep yang Hoopsbyjudy bagikan kali ini bermanfaat ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya