Suka makan sashimi? Ini 3 jenisnya yang perlu kamu ketahui

Posted on

Brilio.net – Selain sushi, makanan asal Jepang yang tidak kalah diminati banyak orang adalah sashimi. Sashimi merupakan kuliner laut segar yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe dan wasabi.

Sashimi biasanya terdiri dari makanan laut segar seperti ikan, gurita, cumi, kerang dan udang yang disajikan dalam bentuk irisan kecil, sedangkan udang kecil hanya dikupas kulitnya dan dibuang kepalanya saja. Menurut sejarah, kuliner ini sudah ada sejak zaman Edo karena saat itu hasil laut Jepang begitu melimpah.

Meski termasuk kuliner Jepang yang populer di dunia, mungkin karena penyajiannya yang mentah membuat makanan ini tidak memiliki begitu banyak peminat di Indonesia. Maka tak mengherankan jika pengetahuan tentang sashimi bagi masyarakat Indonesia tidak sebanyak tentang sushi.

BACA Juga :   10 Potret fasilitas pekerja mal mewah ini justru bikin prihatin

Nah agar wawasan kamu bertambah tentang sashimi, kali ini brilio.net mempunyai informasi mengenai tiga jenis sashimi yang perlu kamu ketahui seperti dirangkum dari pergikuliner.com, Senin (9/4).

1. Tsugatazukuri.

foto: j-cul.com

Jenis sashimi yang pertama adalah tsugatazukuri. Sashimi yang satu ini merupakan jenis sashimi yang masih mempertahankan bentuk asli ikan, alias kepala dan ekornya masih disajikan di atas piring dengan potongan-potongan daging ikan yang diletakkan di antara keduanya. Tsugatazukuri ini termasuk jenis sashimi paling mahal dibanding jenis lainnya. Sehingga hanya dinikmati pada saat-saat istimewa seperti ketika acara khusus dan perayaan pernikahan.