Sulitnya jalur evakuasi tim sepak bola dari gua, nyelam 2 km di lorong

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Perhatian dunia tak hanya menyoroti piala dunia. Dari kawasan Asia Tenggara tepatnya Thailand, penyelamatan tim sepak bola Moo Pa yang terjebak di gua Tham Luang, Provinsi Chiang Rai, Thailand utara mendapat perhatian dunia. Sebanyak 12 anak-anak dan seorang pelatih sepak bola terjebak dalam gua selama kurang lebih 16 hari.

Pada Minggu (8/7), tim penyelamat berhasil mengevakuasi empat anak yang terjebak dalam gua. Operasi penyelamatan ini melibatkan banyak pihak baik dari Thailand maupun luar negeri. Kurang lebih 90 penyeleman dilibatkan untuk mengevakuasi tim sepak bola dari dalam gua.

foto: istimewa

Tak semudah yang dibayangkan, proses evakuasi ini membutuhkan waktu relatif lama karena medan yang sulit. Pada Senin (2/7), penyelam asal Inggris berhasil menemukan posisi atau titik rombongan remaja yang terjebak dalam gua.

Medan lokasi yang sulit karena sempit dan masih tergenang air akibat musim hujan membuat proses evakuasi membutuhkan waktu realtif lama. Bahkan salah satu relawan dari tim angkatan laut bernama Samarn Poonan, tewas saat melakukan evakuasi pada Kamis (5/7) karena kehabisan oksigen.

foto: istimewa

Tim evakuasi harus menempuh rute dengan lorong sempit sekitar 10 kilometer untuk menyelamatkan tim sepak bola. Tim penyelam harus menyelam sekitar 2 kilometer atau sekitar 3 jam di tempat yang sempit dan berliku.

foto: istimewa

Tim menyelam membawa tabung oksigen untuk dirinya sendiri dan tabung yang digunakan untuk anak. Tak lupa tali untuk mengikat anak-anak untuk menyelam. Hal tersebut disebabkan karena anak-anak tak memiliki kemampuan untuk menyelam. Anak dan tim penyelam menyusuri lorong sempit dengan alat selam lengkap.

foto: istimewa

Jalur yang dilalui oleh tim penyelam telah diberi tali atau petunjuk arah agar tetap pada jalurnya. Mereka harus melewati lorong sempit dan air berlumpur saat keluar gua. Tim evakuasi menyelamatkan 4 anak pada Minggu (8/7) berdasarkan kesehatan fisiknya. Usai berhasil mengevakuasi 4 remaja, tim menghentikan sementara proses evakuasi. Hal tersebut disebabkan karena persediaan oksigen menurun. Evakuasi akan dilanjutkan pada hari ini, Senin (9/7).

Berikut video yang mengambarkan lokasi proses penyelamatan rombongan tim sepak bola yang terjebak di gua.

Pelatih dan 12 remaja menjelajahi gua pada Sabtu (23/6) akan tetapi tak bisa kembali lantaran jalan yang mereka lalui terendam air akibat hujan deras. Keluarga sempat melaporkan kehilangan anak karena mereka tak kembali ke rumah. Awal Juli akhirnya mereka ditemukan terjebak dalam gua.

 

(brl/pep)