Susah BAB saat puasa? Ini 5 tips mencegah sembelit selama Ramadan

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Berpuasa sebenarnya hal yang menyehatkan tubuh seseorang jika dilakukan dengan benar dan menjaga asupan nutrisi pada tubuh. Namun tidak jarang, ketika berpuasa seseorang justru menderita beberapa jenis penyakit yang tentunya akan mengganggu aktivitas hariannya.

Jenis penyakit yang sering dialami ketika bulan puasa adalah sembelit. Sembelit sendiri sebenarnya bukanlah suatu penyakit, namun hal ini cukup mengganggu. Sembelit dapat membuat perut terasa begah dan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu aktivitas.

Sembelit atau susah buang air besar biasanya terjadi karena adanya perubahan pola makan yang terjadi selama bulan puasa. Meskipun bukan termasuk penyakit, akan tetapi jika dibiarkan terus sembelit berisiko menyebabkan ambeien hingga kanker usus lho.

Nah untuk mencegah hal tersebut, berikut 5 tips ampuh mencegah sembelit saat bulan puasa yang dirangkum Hoopsbyjudy dari resepkoki.id, Senin (21/5).

1. Perbanyak minum air putih.

foto: parentcircle.com

Rasanya sudah menjadi pengetahuan umum bahwa air putih atau mineral sangatlah penting bagi tubuh manusia. Apalagi saat berpuasa, di mana tubuh tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman selama berjam-jam. Kekurangan mineral dapat menyebabkan sembelit. Untuk menghindarinya, kamu bisa menerapkan pola minum 242. Dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Dengan menerapkan pola minum tersebut, kamu bisa terbebas dari sembelit selama bulan puasa.

 

2. Cukupi kebutuhan serat.

foto: en.prothomalo.com

Selain air putih, mengonsumsi makanan kaya akan serat juga sangat penting bagi tubuh selama bulan puasa. Kamu bisa mendapatkan serat dari sayur dan buah-buahan. Jadi jangan malas lagi mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar kamu terhindar dari sembelit.

 

3. Hindari makan berlebihan.

foto: care2.com

Kebanyakan orang akan melakukan ‘balas dendam’ saat berbuka puasa dengan mengonsumsi banyak makanan. Atau dengan menambah porsi saat sahur agar mempunyai bekal yang cukup untuk berpuasa seharian. Namun ternyata hal ini tidaklah benar. Ketika berpuasa tubuh lebih membutuhkan kualitas asupan makanan dibanding kuantitas makanan yang dikonsumsi. Jadi, mulai sekarang kamu harus lebih sering memperhatikan gizi dan nutrisi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi selama bulan puasa agar saluran pencernaan kamu lebih lancar.

 

4. Kurangi makanan dan minuman berkafein.

foto: vecer.mk

Teh dan kopi merupakan jenis minuman yang digemari banyak orang. Namun selama bulan puasa ini ada baiknya kamu mengurangi mengonsumsi kedua jenis minuman tersebut. Pasalnya kafein dalam teh dan kopi justru dapat memperparah sembelit lho. Jika masih ingin mengonsumsinya, pastikan kamu menyeimbangkannya dengan banyak minum air putih.

 

5. Olahraga teratur.

foto: Active.com

Selain memperhatikan asupan makanan saat bulan puasa, kamu juga harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Dengan berolahraga bukan hanya badan segar saja yang kamu dapatkan, tapi juga sistem pencernaan yang lancar. Kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti jalan cepat atau bersepeda selama 20-30 menit setiap harinya.

(brl/del)