Tak cuma jadi penambah rasa, ini 5 manfaat merica bagi otak

Posted on

Brilio.net – Merica atau lada merupakan salah satu rempah-rempah yang digunakan hampir di setiap masakan Indonesia. Ada dua jenis lada yang dikenal banyak orang, yaitu lada hitam dan lada putih yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur.

Bumbu dapur ini juga dikenal dengan sebutan The King of Spice (Raja Rempah-Rempah) karena sering ditambahkan sebagai penambah cita rasa dalam berbagai masakan. Tanaman merica sendiri merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia. Bahkan lebih dari 80% hasil merica Indonesia diekspor ke luar negeri.

Selain predikat yang dimilikinya, merica juga kaya akan kandungan kimia alami seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati. Tidak sampai di situ, menurut beberapa penelitian si kecil nan pedas ini ternyata dapat mendukung kesehatan otak lho.

BACA Juga :   Begitu dibuka travel fair ini langsung diserbu pengunjung  

Nggak percaya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini seperti yang dilansir brilio.net dari Thehealthsite, Senin (2/4).

1. Mencegah penyakit Parkinson.

foto: meetdoctor.com

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada Desember 2012, bahan aktif dalam merica, piperine, dapat membantu menghentikan enzim yang menghancurkan dopamin. Pada penderita Parkinson, dopamin yang merupakan jenis neurotransmitter memiliki jumlah sedikit.

2. Menurunkan risiko Alzheimer.

foto: healthland.time.com

Masih dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012, Journal of Alzheimer Disease menemukan bahwa kebiasaan menggunakan merica, terutama merica hitam pada masakan dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer.