Tak hanya lezat, 5 makanan ini ternyata juga baik bagi kesehatan gigi

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Salah satu bagian tubuh manusia yang mempunyai peranan penting dalam proses pencernaan makanan adalah gigi. Hal ini karena bagian keras yang terdapat di dalam mulut ini memiliki fungsi utama untuk merobek dan mengunyah makanan agar menjadi lebih halus serta mudah dicerna tubuh.

Kesehatan bagian tubuh yang satu ini memang perlu dijaga dengan baik. Namun sayangnya banyak orang yang sering kali melupakan dan meremehkan perawatan gigi. Kebanyakan baru akan memeriksakan giginya setelah mengalami sakit gigi yang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas.

Selain dengan melakukan perawatan gigi ke dokter gigi, ternyata kamu juga bisa menjaga kesehatan gigi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Makanan-makanan ini baik bagi kesehatan gigi karena mengandung zat-zat yang dapat menjaga kesehatan gigi.

Apa sajakah jenis makanan tersebut? Berikut lima jenis makanan yang baik bagi kesehatan gigi seperti dilansir Hoopsbyjudy dari pergikuliner.com, Rabu (9/5).

1. Apel.

foto: telegraph.co.uk

Buah apel memang terkenal sebagai salah satu jenis buah-buahan yang sangat baik bagi tubuh. Termasuk dalam menjaga kesehatan gigi. Apel mengandung serta yang tinggi sehingga sangat baik untuk membilas bakteri jahat yang menempel pada gigi. Selain itu, apel juga mengandung flourida yang banyak ditemukan pada pasta gigi. Kandungan flourida diketahui dapat berfungsi untuk menurunkan resiko kerusakan pada gigi dan penyakit gusi.

2. Wortel.

foto: davidlebovitz.com

Sayur berwarna jingga terang ini tak hanya baik bagi kesehatan mata, namun ternyata juga bagi kesehatan gigi. Wortel bisa mengurangi risiko rongga dan bakteri pada mulut. Tidak cuma itu saja, kandungan vitamin A yang terdapat dalam wortel dinilai dapat memperkuat tulang termasuk gigi.

3. Stroberi.

foto: stylecraze.com

Buah bercita rasa asam-manis ini dipercaya orang sebagai buah yang mampu mencerahkan gigi agar terlihat lebih putih bersinar. Kandungan asam malat dalam striberi dapat memutihkan email gigi secara alami. Disarankan untuk tidak mengonsumsi stroberi dengan tambahan gula karena justru merusak kesehatan gigi.

4. Keju.

foto: londontheinside.com

Keju merupakan salah satu produk olahan susu. Keju mempunyai kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat membuat gigi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Dengan mengonsumsi keju juga bisa meningkatkan pH mulut sehingga menurunkan risiko kerusakan pada gigi.

5. Yoghurt.

foto: foodnetwork.com

Selain keju, makanan lain yang juga produk olahan susu adalah yoghurt. Makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan ini mengandung kalsium dan protein yang sangat tinggi sehingga dapat memperkuat enamel gigi. Selain itu, yoghurt juga mengandung probiotik dan bakteri yang baik untuk mencegah gigi berlubang.

 

RECOMMENDED