Teater ini mengajak anak muda peduli sejarah lewat lakon Sang Saka

Posted on

Brilio.net – Tiga anak muda, Komer, Koor, dan Patty sudah lama tidak berjumpa. Nah ketika akhirnya bertemu, mereka sepakat mencari harta karun yang sedang ramai dibicarakan di media sosial.

Setelah melalui serangkaian dinamika dan perdebatan, mereka pun menemukan harta karun yang dicari. Namun, harta karun tersebut nggak seperti yang mereka bayangkan. Mereka justru menemukan sosok Sang Saka yang telah lama terkubur. Sang Saka inilah yang membawa mereka ke dalam sebuah dunia imajiner di mana terjadi napak tilas Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Kelompok milenial bersepakat mencari harta karun yang sedang ramai dibicarakan di media sosial

Begitulah lakon dalam sebuah pertunjukkan teater bertajuk Sang Saka yang disajikan Teater Keliling. Naskah Sang Saka merupakan karya Rudolf Puspa dan Dolfry Inda Suri. Rudolf juga merupakan sutradara kisah ini.

BACA Juga :   Ubah Pengalaman Nonton Film, Ini 13 Potret Bioskop Futuristik di China. Bikin Pengen Coba!

Cerita Sang Saka sejatinya adalah sekuel lakon Jas Merah yang pernah ditampilkan di delapan kota pada 2016 silam. Kisah ini sekaligus kelanjutan lakon Sang Saka yang ditampilkan di lima kota pada April dan Agustus 2017.   

Sosok Sang Saka yang telah lama terkubur

Tahun ini, cerita Sang Saka garapan Teater Keliling kembali dipentaskan di lima kota yakni Cirebon, Pangandaran, Karawang, Banjarmasin, dan Palangkaraya. Di masing-masing kota Teater Keliling yang berdiri sejak 1974 ini berkolaborasi dengan kelompok teater lokal.    

“Sebagai generasi penerus, kami merasa sangat penting untuk mempelajari dan mengenalkan kembali akan sejarah bangsa ini. Hadirnya Sang Saka di berbagai kota menjadi salah satu cara agar penonton yang menyaksikan dapat mengambil nilai positif dari pementasan yang kami sajikan. Selain itu, tentunya harapan dari Teater Keliling agar melalui seni pertunjukan, generasi muda dapat lebih mencintai tanah air dan membesarkan bangsa,” ujar Dolfry Inda Suri yang tak lain Ketua Yayasan Teater Keliling.

BACA Juga :   Resep mudah Nutella & Banana sushi, kreasi makanan Jepang yang manis

Rudolf Puspa, sutradara Sang Saka berperan sebagai veteran

Nah Brilio.net pun berkesempatan menyaksikan pertunjukkan Sang Saka yang dipentaskan di Bukit Wisata Kiram Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (6/4). Di sini Teater Keliling berkolaborasi dengan Teater Kita Banjarmasin.   

Serunya lagi, pertunjukkan yang berurasi 1,5 jam ini tak seperti kebanyakan pementasan teater. Penonton bisa berinteraksi dengan pemain. Contohnya saat Rudolf yang berperan sebagai veteran di awal pementasan mengajak salah seorang penonton perempuan usia sekolah ikut bermain.

Penonton pun diajak bermain dalam pertunjukkan