Ternyata wasit dari Asia yang paling sering memimpin laga Piala Dunia

Posted on



Hoopsbyhudy.com – Uzbekistan boleh jadi negara yang kesulitan berprestasi di level internasional. Namun negara yang sebagian wilayahnya terletak di AsiaTengah dan Eropa Timur ini boleh berbangga.

Negara pecahan Uni Soviet ini bakal menorahkan catatan manis di Piala Dunia Rusia. Wasit asal Uzbekistan Ravshan Irmatov bakal mempertegas rekornya menjadi wasit yang paling sering memimpin laga di Piala Dunia.

Irmatov mulai memimpin Piala Dunia untuk pertama kalinya selama pertandingan pembukaan Piala Dunia 2010 antara tuan rumah Afrika Selatan dan Meksiko. Ia juga memimpin empat pertandingan lainnya, termasuk semifinal yang mempertemukan Belanda dengan Uruguay.

Ia kembali terpilih memimpin empat pertandingan Piala Dunia di Brasil. Dengan demikian ia tercatat memimpin sembilan laga di dua putaran final Piala Dunia. Catatannya lebih banyak dibandingkan wasit asal Perancis Joel Quiniou, Benito Archundia Meksiko dan Jorge Larrionda Uruguay. Ketiga wasit ini memimpin delapan pertandingan.

Irmatov menjadi wasit FIFA pada 2003 dan sejak itu, kemampuan dan otoritasnya di lapangan terus meningkat. Selain Piala Dunia, ia telah mengawasi empat final Liga Champions Asia, dua putaran final FIFA Club World Cup dan final Piala Asia, serta banyak pertandingan besar lainnya yang ia tangani dengan tenang dan percaya diri. Ravshan akan memiliki kesempatan untuk memperpanjang rekornya di Rusia, karena ia termasuk dalam daftar wasit untuk Piala Dunia 2018.

(brl/red)