Terungkap, Ramadan lalu deretan konten ini paling dicari di internet

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Saat Ramadan, penggunaan internet memang meningkat drastis. Banyak aktivitas yang masyarakat lakukan salah satunya adalah mengakses media sosial.

Berdasarkan laporan dari UC Browser yang bekerjasama dengan Lazada, selain mengakses media sosial, masyarakat juga banyak membaca berita dan berbelanja online.

Tersedianya berbagai informasi yang sangat bervariasi dalam platform UC Browser jelas merupakan alasan utama pengguna menggunakan platform ini di bulan Ramadan. Rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna mengakses UC Browser adalah 40 menit. Berdasarkan data yang terlihat di App Annie, waktu tersebut hampir 1,5 kali dari rata-rata yang pengguna habiskan melalui Chrome dari kurun waktu tanggal 11 Mei hingga 20 Juni 2018.

Selain itu, click-to-open-rate UC Browser selama Ramadan adalah 58%. Angka itu 61% lebih tinggi dari click-to-open-rate Opera yang berkisar di angka 36% dan 26% lebih tinggi dari Chrome yang berada di angka 46%.

“Melalui kerjasama dengan LAZADA, platform e-commerce nomor 1 di Indonesia, kami berharap dapat menggali lebih dalam apa saja hal-hal menarik dari para pengguna. Dengan teknologi big data dan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di Indonesia, UC Browser dapat semakin meningkatkan keuntungan dari sisi teknologi, jumlah pengguna dan kerjasama dengan unit lain dari bisnis grup Alibaba untuk menyediakan informasi berharga terkait konsumen,” ujar General Manager UCWeb Indonesia dan India, Alibaba Digital Media and Entertainment Group, Damon Xi dalam siaran pers yang brilio terima, Senin (2/7).

Sementara itu, untuk topik hangat yang paling banyak dicari yaitu, buka puasa, Kota Jakarta, kereta api. Buka puasa jelas menjadi kata paling panas dengan penyebutan di sebanyak 24.185 artikel. Bulan puasa juga menjadi puncak bagi masyarakat Indonesia untuk mudik atau berwisata.

Berdasarkan data dari City’s Popularity Index yang terlihat dari banyaknya pembaca, share dan komentar terhadap kata kunci spesifik pada sebuah artikel, Jakarta menempati posisi nomor satu dengan lebih dari 25 juta indeks, diikuti Medan 12 juta indeks dan Surabaya 3 juta indeks.

Kereta api menjadi armada transportasi yang paling popular dibicarakan selama bulan Ramadan dengan indeks popularitas lebih dari 4,1 juta. Pesawat terbang, kapal, dan bus menempati posisi kedua, ketiga, dan keempat dalam daftar dengan indeks popularitas masing-masing 4,05 juta, 1,28 juta, dan 655 ribu.

Ternyata, saat Ramadan masyarakat juga banyak membeli alat fashion melalui platform belanja online.
Berdasarkan dari data penjualan Lazada di bulan Ramadan, enam kategori dengan penjualan terbanyak adalah fashion, kesehatan dan kecantikan, telepon pintar, tas, jam tangan dan kacamata, serta perlengkapan bayi.

Hal ini juga sejalan dengan temuan dari UC Browser, lima besar kategori artikel paling popular, yaitu gaya dari selebriti, model hijab bagi wanita, dan koleksi pakaian muslim. Kategori lainnya yang popular, yaitu informasi terbaru dari selebriti di bulan Ramadan dan flash sale telepon pintar.

Selain itu, penjualan telepon pintar sangat ketat dan Xiaomi, Samsung, Asus dan Infinix sukses menjadi empat besar merek dengan penjualan terbanyak selama Ramadan.

Blogger We-Media semakin berpengaruh dalam memberikan konten-konten bermanfaat. Blogger UC-We-Media telah memberikan begitu banyak artikel yang menarik dari berbagai sudut pandang untuk memenuhi keinginan pengguna.

“Top 6 blogger we-media adalah Agen Update, Sharingpage, Ree Chan, Simple Idea, dan Ben Story. Sedangkan top 5 blogger we-media berdasarkan indeks sharing tertinggi, yaitu Muthia Syahra, Berita Bagus, Pena Update, Kabar Kaburan, dan Miss Kepo,” pungkasnya.

(brl/fen)