Typo Saat Menuliskan Informasi, 12+ Siaran Berita ini Jadi Bikin Gagap Paham. Malu-Maluin Nggak Sih?

Posted on


Featured Image

Manusia memang nggak ada yang sempurna. Begitu pula orang yang bekerja di balik redaksi berita, pasti nggak jauh-jauh dari kekeliruan. Tapi sekali keliru, terkadang bikin semuanya kacau. Makanya ketelitian itu diperlukan banget, terutama mereka yang bekerja sebagai juru tik berita-berita nasional. Salah tik (typo) memang sering terjadi sih, tapi yang fatal, kalau salah tiknya bisa sampai menimbulkan informasi yang ambigu atau membingungkan.

Seperti contoh-contoh cuplikan berita berikut ini yang kebetulan juru tiknya kurang teliti dan beritanya menimbulkan salah persepsi. Parahnya lagi, berita dan siaran ini sedang disaksikan oleh jutaan pasang mata orang Indonesia. Wah, malu banget sih. Tapi entah mengapa justru kekeliruan ini juga mengundang gelak tawa bagi mereka yang menyadarinya. Habis, maknanya jadi beda jauh sih!

1. Beritanya memang gawat banget, puluhan narapidana kabur. Sayang, maknanya jadi berbeda gara-gara salah tik satu huruf saja

Padahal Nabi cuma 25 lho, Mbak. via sebutsajairwan.blogspot.co.id

2. Bahkan kantor berita CNN juga nggak luput dari yang namanya typo. Meskipun jadi fatal banget nih

Niatnya si penerjemah mau menuliskan roket, tapi jadinya malah begitu. via chirpstory.com

3. Wah, kalau ini sih fatal. Masa presiden dibilang pesinden? Hmm … memang nyanyi terus?

Mungkin ngetiknya pakai autotext. via dogadho.com

4. Mungkin juru tiknya sedang lelah? Kalau begini istilahnya tewas di lumbung padi dong 😀

Mengerikan juga sih kalau dibayangkan… via plus.kapanlagi.com

5. Lucu nih, masak baru datan malah ditahan sama air. Duh, basang doh!

diganti aja sih, jadi ‘di Indonesia’ gitu via www.kaskus.co.id

6. Bisa dibilang ini adalah typo paling legendaris karena hampir semua orang masih terngiang kejadian kocak ini. Niatnya mengetik ‘penjemputan’ tapi jadinya …

Ngakak tingkat nasional. via www.kaskus.co.id

7. Sebenarnya tanpa diberi keterangan pun kita sudah tahu siapa Obama. Ketika keterangannya salah, kita pun hanya bisa senyum-senyum

Sejak kapan Obama memerintah dua negara sekaligus? via news.okezone.com

8. Baru tahu kalau pesepak bola Andik Vermansyah juga pernah memerintah tanah air tercinta?

Apakah dulu pernah terjadi sebuah kudeta? via style.tribunnews.com

9. Entah maksudnya ibu kota kita sedang ada dalam bahaya atau memang di tempat yang seharusnya, yaitu Jakarta 🙁

Orang-orang yang di belakang sampai bingung tuh, Mz! via www.youtube.com

10. Manusia hanya bisa berusaha, tapi kalau ditakdirkan nggak berjodoh mau bagaimana lagi?

‘Kalojodo’ nggak lari kemana kok. via dogadho.com

11. Masih hangat dibicarakan nih, salah satu headline surat kabar menjelang Ramadan justru buru-buru bilang kalau besok sudah 1 Syawal. Hmmm, langsung lebaran begitu, ya?

Buru-buru banget deh, THR belum turun nih. via twitter.com

12. Pengumuman penetapan Ramadan tahun 2018 malah berujung sedih. Karena ternyata umat Muslim disuruh menunggu puluhan tahun lagi

Yah, masih lama, Guys. via twitter.com

[BONUS]

Huruf /K/ dan huruf /L/ memang sangat berdekatan dan sangat fatal kalau tertukar. Beginilah contohnya …

Mungkin juru ketiknya semalam nggak sahur. via twitter.com

Namanya juga manusia, nggak apa-apa deh kalau typo sekali dua kali. Tapi jangan terus-terusan, apalagi yang sampai bisa menimbulkan persepsi berlainan. Bisa dikira hoaks dan salah informasi lho. Mungkin sebaiknya kita lebih teliti lagi dalam melakukan sesuatu. Tapi di sisi lain, kita harus berterima kasih karena kekeliruan mereka justru bisa menghibur kita yang sedang terlalu serius menonton berita dan menahan dahaga. 😀

Oh, iya. Ada yang sadar dengan judul Hoopsbyjudy dalam artikel ini nggak? Berarti kamu masih fokus dan teliti membaca, meskipun sedang puasa dan siang ini begitu terik panasnya. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya