Unik, 4 kreasi bakso kekinian yang nikmat tanpa kuah

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Siapa sih yang nggak suka dengan kuliner berkuah yang satu ini? Hampir semua orang Indonesia pasti pernah mencicipi hidangan yang menyajikan daging sapi dalam bentuk bola ini. Ya, bakso memang menjadi salah satu makan favorit banyak orang.

Bakso sangat mudah ditemukan di hampir seluruh pelosok Indonesia. Makanan yang paling nikmat disantap ketika hujan turun ini umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari campuran daging ayam, ikan atau udang.

Perlu diketahui jika istilah bakso berasal dari kata Bak-So, yang dalam bahasa Hokkien secara harfiah berarti daging giling. Hal ini menunjukkan bahwa bakso berasal dari seni kuliner campuran Tionghoa dan Indonesia.  

Umumnya bakso disajikan dengan kuah kaldu sapi bening dengan tambahan mi, namun kini bakso juga bisa dinikmati tanpa kuah lho. Seperti 4 kreasi bakso kekinian berikut ini yang telah dirangkum Hoopsbyjudy dari travelingyuk.com, Jumat (27/4). Eits, tenang aja rasanya nggak kalah enak dari bakso-bakso lainnya kok.

1. Bakso penyet.

foto: Instagram/@astriepasaribu

Kalau makan ayam dan bebek penyet rasanya sudah biasa banget ya? Tapi kalau bakso yang dipenyet, kamu sudah pernah coba belum? Kecintaan orang Indonesia dengan makanan bercita rasa pedas, khususnya sambal memang tidak ada duanya deh. Nggak heran kalau bola-bola daging yang biasanya disantap dengan kuah ini juga dibuat menjadi penyetan berbalut sambal pedas. Kebayang dong sensasinya menikmati bakso goreng dengan cita rasa pedas yang bakal bikin kamu ketagihan ini?

2. Bakso sambal matah.

foto: Instagram/@sharebeforeeat

Masih dengan varian sambal khas Indonesia, kali ini bakso dikreasikan dengan sambal matah yang berasal dari Bali. Sambal yang menawarkan rasa segar dan pedas ini memang tengah menjadi tren di dunia kuliner Tanah Air. Bakso-bakso yang telah digoreng sebelumnya kemudian disiram dengan sambal matah yang menggugah selera. Hanya dengan tambahan nasi panas saja, dijamin kamu bakal menikmati sensasi berbeda saat menyantap bakso.

3. Bakso bakar.

foto: Instagram/@vonnylie19

Nah kalau kreasi bakso yang satu ini sudah nggak asing lagi dong? Bakso bakar ini dikenal sebagai salah satu kuliner Malang yang hits. Bakso yang sudah dilumuri bumbu khusus kemudian dibakar di atas arang menyala. Untuk menikmatinya kamu bisa menyantapnya langsung begitu saja atau bisa juga dengan memasukkannya dalam kuah dengan tahu dan gorengan lainnya.

4. Bakso tusuk.

foto: Instagram/@jogjafood

Kali ini beralih ke Yogyakarta yang memiliki kuliner bakso tusuk yang sudah terkenal akan kenikmatannya yaitu bakso tusuk Bu Sainah. Bakso yang ditawarkan Bu Sainah memang tidak menggunakan kuah. Bola-bola daging tersebut diolah dengan cara dibakar atau digoreng lalu ditusuk. Rasanya semakin mantap dengan saus sambal yang disajikan terpisah.

RECOMMENDED