Upload Penampakan Paru-paru Perokok Berat, Video Perawat Ini Langsung Meledak di Internet

Posted on


Featured Image

Siapa pun sebenarnya pasti tahu kalau merokok itu tidak baik bagi kesehatan. Meski begitu, toh akhirnya banyak banget orang yang akhirnya mulai merokok karena berbagai alasan. Dari tuntutan pergaulan hingga ‘tradisi’ keluarga, merokok seakan-akan sudah diterima dalam masyarakat sebagai pilihan hidup. Ada sih yang hingga tua memegang prinsip ‘nggak pa pa lah merokok dikit-dikit’, tapi banyak juga orang yang sedang berjuang setengah mati untuk berhenti merokok.

Nah bagi yang butuh motivasi lebih untuk berhenti merokok, mungkin kamu harus lihat video yang diunggah oleh seorang perawat dari North Carolina, Amerika Serikat ini. Lewat akun Facebook-nya, seorang perawat bernama Amanda Eller mengunggah video yang memperlihatkan betapa berbedanya penampakan dan kinerja paru-paru sehat dengan paru-paru perokok berat yang sudah terkena kanker. Meski belum bisa diverifikasi apakah itu paru-paru beneran atau alat peraga medis, gambar paru-paru yang menghitam itu jelas sangat mengganggu. Buat yang nggak tahan liat yang jijik-jijik, mungkin bisa berhenti baca sekarang, tapi buat yang penasaran, yuk simak ulasan Hoopsbyjudy News & Feature ini!

Mengakhiri postingan-nya dengan caption Still wanna smoke“, perawat ini emang tampaknya sengaja menyebarluaskan video ini untuk menyadarkan dan menakut-nakuti para perokok. Serem sih ini…

Di dalam video yang diunggah pada tanggal 23 April 2018 tersebut, terlihat dua paru-paru yang berbeda warna. Satunya berwarna hitam, sedangkan yang satu lagi berwarna pink kemerah-merahan. Menurut caption-nya, paru-paru hitam itu milik seseorang yang sudah merokok sebanyak satu pak per hari selama 20 tahun. Terlihat dalam video Amanda melakukan sebuah simulasi pernapasan dengan memompa paru-paru. Ketika paru-paru hitam dipompa, maka yang terjadi adalah  paru-paru tersebut sudah tidak memiliki elastansi. Aritnya, paru-paru perokok memiliki nafas yang pendek. Oleh karena itu tidak jarang seorang perokok akan mengalami sesak nafas.

Di video lainnya, Amanda juga memperlihatkan kinerja seharusnya paru-paru yang sehat. Bedanya emang jauh banget

Amanda pun melakukan percobaan yang sama dengan paru-paru sehat. Hasilnya bisa dilihat bahwa paru-paru bukan perokok memiliki elastansi yang baik. Artinya, seorang yang bukan perokok memiliki nafas yang panjang tidak ada penyumbatan udara yang akan masuk ke dalam paru-paru. Salah satu ciri paru-paru sehat yang dapat dirasakan adalah kedua paru-paru mengembang yang artinya udara dapat masuk dengan sempurna, dan ketika paru-paru mengempis maka karbondioksida akan keluar.

Berhenti merokok memang membutuhkan dorongan motivasi yang kuat dari dalam diri. Namun dukungan dari lingkungan sekitar, seperti orang tua, teman, sahabat atau kekasih, juga faktor yang sebenarnya tak kalah pentingnya. Gimana guys, setelah melihat video di atas, apakah kalian masih ingin tetap merokok?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya