Vila ini namanya saja yang horor, tempatnya kece abis buat selfie

Posted on


Brilio.net – Mendengar kata hantu pasti yang ada di benak banyak orang adalah sesuatu yang menyeramkan. Apalagi jika hal yang berbau mistis itu dikaitkan dengan sebuah tempat, pasti identik dengan lokasi yang angker.

Tapi tidak demikian dengan Villa Hantu di Pulau Lombok. Tempat ini justru menjadi salah satu lokasi yang sering diburu anak-anak muda. Kenapa ya?

Bangunan setengah jadi yang terletak di Dusun Setangi, Desa Malaka, Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini malah menjadi satu tempat yang instagramable lho. Sekilas vila tak berpenghuni yang terletak persis di tikungan jalan ini memang tampak menyeramkan.

Apalagi di depan pintu masuk bangunan yang berada tidak jauh dari kawasan wisata Pantai Senggigi ini terpampang tulisan “Villa Hantu”. Bagi sebagian orang boleh jadi bangunan ini menyeramkan. Tapi tidak jarang juga yang penasaran.

Secara fisik vila ini tampak tak terawat. Di beberapa bagian dinding terdapat coretan mural. Di sekitar vila juga ditumbuhi semak belukar. Kesan seram begitu kental.

Tapi, ternyata bangunan ini tak seseram yang dibayangkan lho. Malah sebaliknya. Bagian belakang vila ini justru menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Oh iya, vila ini terletak di atas tebing yang menghadap ke laut.

Dari atas vila pengunjung bisa melihat hamparan Pantai Setangi dengan pasir putihnya. Tak jarang vila ini menjadi tempat yang asik untuk menyaksikan matahari terbenam dengan panorama Gunung Agung di Bali.

“Banyak yang datang ke sini sore untuk melihat matahari terbenam. Kalau cuaca lagi bagus kita bisa melihat Pulau Bali dari kejauhan,” ujar Fadil, salah satu warga yang dijumpai Brilio.net saat menyambangi vila ini beberapa waktu lalu.   

Tepi kolam renang kosong yang ada di lantai bawah dan bagian atap vila adalah tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan. Maklum, dari atas pengunjung bisa menjadikan panorama Pantai Setangi sebagai latar yang keren. Vila ini ramai dikunjungi wisatawan pada musim liburan dan akhir pekan. Bukan hanya wisatawan lokal, turis mancanegara juga banyak yang penasaran setelah mendapat informasi dari internet.

Nah sebagian besar turis asing tahu vila ini dari sebuah platform pemesanan hotel. Nama Villa Hantu semakin santer setelah banyak wistawan yang memposting foto-foto mereka di media sosial.

Asal tahu saja ya, sebelum disebut Villa Hantu, bangunan tua ini dijuluki Rumah Tua pada 2004 lalu. Awalnya, bangunan ini menjadi tempat beristirahat para turis mancanegara yang sedang berkeliling di Lombok. Namun semenjak makin ramai, beberapa pemuda di sana punya ide untuk menamai bangunan ini sebagai Villa Hantu.

Bangunan vila seluas 8,5 are ini menurut cerita masyarakat setempat menyimpan kisah seram. Menurut Fadil dulu di lokasi ini diyakini sebagai tempat pembuangan pembuangan bayi. Selain itu, tidak jarang pengunjung yang melihat penampakan makhluk halus di bangunan ini. Tapi itu dulu. Kini kisah-kisah menyeramkan itu justru menjadi daya tarik yang membuat wisatawan penasaran.

Nah ada beberapa versi yang menyebutkan asal muasal vila ini. Sebagian penduduk lokal mempercayai pembangunan vila ini tidak dilanjutkan karena faktor perizinan. Tapi sebagian lagi mempercayai pemilik vila yang disebut-sebut berkewarganegaraan Australia meninggal saat pembangunan vila ini. Tapi meninggalnya sang pemilik vila ini nggak ada kaitannya dengan hantu ya.    

Oh iya, untuk masuk ke vila ini nggak perlu bayar alias gratis lho. Pengunjung cukup membayar parkir kendaraan paling mahal Rp5.000. Jadi kalau kamu ke Lombok, nggak ada salahnya mengunjungi salah satu spot cantik untuk berfoto ini ya. Jangan khawatir, namanya nggak seseram yang dibayangkan koq.  

 

 

 

(brl/red)