Wahai Pendaki Pemula, Ini 5 Alasan Ranu Kumbolo Layak Jadi Destinasi Pendakian Pertama Kamu!

Posted on

Alasan Ranu Kumbolo Cocok Untuk Pendaki Pemula

Tren pendakian kini sudah menjadi gaya hidup bagi generasi milenial. Meskipun kadang masih banyak yang memaknainya untuk keren-kerenan doang. Bagi anak muda sekarang, nggak keren ah kalau nggak naik gunung. Dianggap nggak kekinian kalau feeds Instagram nggak ada foto mendaki gunung. Hehehe.

Sebenarnya nggak masalah sih banyak pendaki baru bermunculan, asalkan mau menjaga lingkungan dan nggak buang sampah sembarangan di gunung. Pendaki pemula juga harus pintar memilih gunung yang didaki dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendaki. Nggak asal ndaki gunung, apalagi yang susah. Bahaya ‘kan kalau gitu?

Buat pendaki pemula, sebaiknya kamu mendaki ke Ranu Kumbolo. Ini 5 alasan kenapa Ranu Kumbolo jadi destinasi terbaik buat pemula!

BACA Juga :   Bukan Cuma Biar Lega, Ini 6 Alasan Cowok Nggak Perlu Malu Untuk Menangis

Trek pendakian lumayan mudah, cuma 4-5 jam saja mendaki ke Ranu Kumbolo

Menapaki jalan setapak menuju Ranu Kumbolo via kriswantoandreas.files.wordpress.com

Mendaki Gunung Semeru mungkin tampaknya tidaklah mudah. Namun asal kamu tahu saja, mendaki Semeru cukup mudah jika tujuanmu cuma ke Ranu Kumbolo. Hanya butuh waktu 4 atau 5 jam pendakian dengan trek yang lumayan landai pasti bakal jadi favorit para pendaki pemula sepertimu. Praktis hanya trek dari Pos 3 ke Pos 4 saja yang tanjakannya cukup sulit.

Aksesnya juga nggak susah lho. Dari Malang kamu bisa naik Jeep sampai ke Ranu Pani, tempat awal pendakian ke Semeru

jeep ke ranu pani via wefiee.com

Untuk mencapai Ranu Kumbolo, kamu bisa awali dari Kota Malang menuju Tumpang. Dari Tumpang kamu bisa sewa Jeep untuk menuju Desa Ranu Pani. Perjalanan naik Jeep ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Sesampai di Ranu Pani, kamu harus registrasi dan kemudian bisa naik ke Ranu Kumbolo. Oh iya, registrasi ke Semeru harus online lho sekarang. Jadi harusnya mempermudah kamu untuk merencanakan perjalanan dong ya.