XYZ Day 2018 Ulas Generasi X, Y, dan Z Lewat Kumpulan Para Kreator Muda Ternama Tanah Air

Posted on


XYZ Day 2018

Saat ini, kehidupan sehari-hari masyarakat nggak terlepas dari dunia maya. Nah, orang-orang yang sering mengonsumsi berbagai hal dari internet ini sekarang terbagi ke dalam tiga generasi, yaitu generasi X, Y, dan Z. Perkembangan digital yang begitu besar tersebut melatarbelakangi KapanLagi Youniverse (KLY) mengadakan acara XYZ Day 2018 yang berlangsung pada Rabu (25/4/2018) kemarin di The Hall Senayan City Lantai 8, Jakarta. Konferensi inspirasi multi generasi ini ramai dan seru banget, lho.

Di era modern ini, generasi millennial dianggap perlu mengerti kalau banyak hal-hal baru yang harus dipelajari, meski kerap kali di luar kebiasaan dan kesukaannya. Oleh karena itu, XYZ Day 2018 hadir untuk berikan insight lebih mendalam tentang millennial atau yang sering disebut generasi Y. Selain itu, konferensi yang diisi oleh kaum mudah Tanah Air ini juga membahas keberadaan generasi X dan Z. Acara seru XYZ Day 2018 pun dilanjutkan dengan malam penghargaan bagi para kreator muda Tanah Air. Simak informasi selanjutnya berikut ini.

Para konten kreator merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi tren dunia digital sekarang. Dengan adanya XYZ Day 2018, para generasi bisa mendapatkan banyak ilmu dari mereka di era digital

generasi XYZ

“Fenomena content creators sebagai key opinion leader terpercaya menjadi tren di dunia digital. Karena itu, YLK mempersembahan XYZ Day dengan harapan bisa menginspirasi tentang bagaimana kita harus berinteraksi, berkomunkasi dan melebur bersama tren yang disukai generasi X, Y, dan Z,” – ujar CEO KLY, Steve Christian, pada Rabu (25/4/2018) di Jakarta.

XYZ Day 2018 dimulai sejak pagi dengan gelaran konferensi dari para pembicara dan content creators muda kebanggaan Indonesia.  Tema besar yang dihadirkan acara ini yaitu “How to Win XYZ Generations through Digital Content” dengan Ucita Pohan sebagai moderator konferensi XYZ Day 2018 melalui 6 sesi yang diisi oleh kreator dan inspirator terbaik. Beberapa pembicara ini termasuk Najwa Shihab dengan tema “Netizen, Network, Najwa”, Ria Ricis melalui “Something about Ricis”, Clarice Cutie; Saaih Halilintar dan Hanggini pada sesi “Keeping Up with The Generations Z“,  juga sesi “Unboxing the Box Office” dari Ody Mulya, Pidi Baiq, Lala Timothy, dan Angga Sasongko yang mengupas tentang bagaimana tangan dingin produser menciptakan konten sampai menembus box office.

Selajutnya, ada Raditya Dika yang membahas “Comedy is a Funny Business” dan tentang keberhasilannya yang sukses pada seluruh lini kreatif yang digelutinya. Dengan semakin banyaknya pilihan konten dan platform untuk publik, semakin besar peluang untuk berkarya, namun juga kuat saingan di dalam. Banyaknya pilihan konten dan platform yang disajikan ke masyarakat membuat semakin kuat persaingan di dalamnya.

“Karena dunia digital adalah salah satu yang paling dekat dengan kita sekarang. Orang bisa sukses di sana, orang bisa jadi seseorang yang beda di sana, hidup orang bisa berubah. Dengan adanya acara ini kita akan lihat sejauh mana perkembangan dunia digital kita, bagaimana kita masuk ke dalamnya, dan apa sih tips dan triknya untuk bertahan atau membuat konten seperti ini,” kata Raditya, pada Rabu (25/4/2018) di Jakarta.

Selain konferensi, ada juga malam penghargaan untuk para content creators masa kini. Jagoanmu menang nggak?

sangat inspirastif

“Kami harap bisa membawa pengaruh yang baik bagi semua orang yang nonton dan bersyukur dengan penonton yang terpengaruh positif. Dari project kita merasa mendapat pesan yang positif dari filmnya. Itu apresiasi yang paling besar buat kita,” kata produser Sore – Istri Masa Depan, Sylvia Widjaja, pemenang kategori Branded Content of the Year.

XYZ Day Creator Award menjadi penutup rangkaian acara XYS Day 2018. Ini merupakan malam penghargaan dan apresiasi untuk para creators dan konten-konten digital yang telah dihasilkan sepanjang 2017. Para nominasi ini dipilih oleh tim juri yang terdiri dari Raditya Dika, Indra Yudistira, Deddy Corbuzier, Desy Bachir dan Ben Soebiakto. Sedangkan pemenang dari masing-masing nominasi dipilih berdasarkan voting yang dilakukan di www.xyzday.id. Malam penghargaan ini dipandu oleh Skinny Indonesian 24 dan dihibur dengan penampilan dari Clarice Cutie, Kunto Aji, Barasuara dan Dipha Barus.

Berikut ini merupakan daftar lengkap pemenang XYZ Day Creator Award 2018, antara lain:

1. Kategori Lifestyle: Arief Muhammad

2. Kategori Fashion & Beauty: Tasya Farasya

3. Kategori Komedi: Tim2One

4. Kategori Art: Aulion

5. Kategori Musik: Sheryl Sheinafia feat Rizky Febian & Chandra Liow – Sweet Talk

6. Kategori Gaming: Reza Oktovian

7. Kategori Branded Content of The Year: Sore – Istri Dari Masa Depan

8. Kategori Creator of The Year: Chandra Liow

XYZ Day 2018 merupakan ajang perkenalan dan bersatunya media online terkemuka Indonesia, yaitu PT Liputan Enam Dot Com dan PT KapanLagi Dot Com Networks menjadi KapanLagi Youniverse (KLY). Hal ini menjadi bukti kalau keberadaan KLY semakin terdepan dengan platform terlengkap yang menaungi 12 media online. Beberapa di antaranya yakni Liputan6.com, Kapanlagi.com, Hoopsbyhudy.com, Merdeka.com, Bintang.com, Dream.co.id, Bola.net, Vemale.com, Otosia.com,Fimela.com, dan Famous.id.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya